Monografi Kecamatan

Monografi Kecamatan

A.KondIsi Wilayah           

Profil Singkat dan sejarah sosial dan budaya Saluputti.

Saluputti adalah kampung yang sangat tua ditandai dengan berbagai artefak yang masih terpelihara sampai sekarang, seperti kuburan tua yang tersebar dibeberapa titik, kayu mate (erong) yang sudah sangat tua, prasasti batu tallu, dan lain sebagainya. Selain itu Saluputti juga dikenal sebagai peneliti yang dikenal oleh para akademisi. Prasasti batu Tallu misalnya menurut perkiraan telah berusia lebh dari 500 tahun.

HT Lanting (Kepala Onderafdeling) Makale Zaman Kolonial )mengatakan bahwa Basse Batu Tallu dihadiri dan diikrarkan oleh paling tidak depalan daerah : Saluputti, Sa’dang, Mamasa, Rante Bulawan, Sawitto, Gallang Kallang , Balanipa dan Matangnga. Mereka bertemu di Saluputti karena Saluputti adalah Nenek (yang paling dituakan diantara ke delapan daerah tersebut kita masih bisa membaca jejak kekerabatan masa lampau itu melalui ungkapan Saluputti Nenek, Sawita Appo (Saluputti adalah Nenek dan Sawito adalah Cucu), adanya la’bo penai bulawan dimana sarung parang tersebut diyakini berada di Sawito, Kayu Mate ( dalam bentuk kerbau) di Lekke dan Saluputti Batu Tallu karena itu cakupan relasi kekerabatan dan Wilyah Adat Saluputti pada masa lampau sebernarnya sangat luas mencakup Mandar, Mamasa, dan Sawito (sekarangPinrang) tetapi dipersempit oleh penetapan Wilayah Administrasi Kolonial Belanda sampai sekarang.

b. Letak Geografis

* Luas Wilayah

Kecamatan Saluputti memiliki luas wilayah 87,24 km2 dengan kordinat Geografis berada pada 03*12*8LS dan 119*32*20*BT  dengan Ibukotanya Ulusalu.

 Batas Wilayah dibatasi

                Sebelah Utara                   : Kecamatan Bittuang, Kecamatan Kurra

                Sebelah Selatan                  : Kecamatan Rembon

                Sebelah Timur                   : Kecamatan Rantetayo, Kecamatan Kurra

                Sebelah Barat                    : Kecamatan Malimbong Balepe’

* Topografi

Kecamatan Saluputti yang keadaan Wilayahnya terdiri dari pegunungan mempunyai jarak tempuh 18 km dari Ibukota Kecamatan ke Ibukota Kabupaten Tana Toraja.

c. Jumlah Kelurahan dan Lembang

Secara administratif Kecamatan Saluputti terdiri dari 1 Kelurahan dan 8 Lembang sebagai berikut:

  1. Kelurahan Pattan Ulusalu
  2. Lembang Ratte Talonge
  3. Lembang Sa’tandung
  4. Lembang Ra’bung
  5. Lembang Rea Tulaklangi’
  6. Lembang Salutandung
  7. Lembang Saluboronan
  8. Lembang Batu Tiakka
  9. Lembang Salutapokko